Uang anda harus memiliki tujuan, andalah yang menentukan - Trend
News Update
Loading...

Rabu, 09 Oktober 2019

Uang anda harus memiliki tujuan, andalah yang menentukan

Uang anda harus memiliki tujuan, andalah yang menentukan


Setelah memahami perbedaan antara menabung dan berinvestasi dalam artikel sebelumnya maka dari itu saya membuat artikel tentang uang anda harus memiliki tujuan, andalah yang menentukan tujuan tersebut. Sebelum melakukan berinvestasi, anda wajib menentukan tujuan dari keuangan anda. Apakah yang anda peroleh dari kegiatan investasi? Walaupun reksadana dikenal dengan bagus untuk persiapan menghadapi pensiun anda atau untuk kepentingan dalam jangka panjang, banyak pula investor yang menggunakan reksadana untuk kepentingan dan tujuan lain.

bareksa.me

Adapun tujuan investasi secara umum dapat dibagi menjadi tujuan secara jangka pendek dan tujuan secara jangka panjang.

Jangka pendek adalah tujuan yang berbeda dalam rentang waktu antara satu hingga dua tahun kedepan. Misalkan seperti contoh pada artikel sebelumnya anda ingin membeli mobil baru dengan tipe yang lebih cangguh dan cocok untuk keluarga misalnya. Atau anda ingin membuat kolam renang dalam rumah kan belum ada yang seperti ini, atau anda berencana untuk naik haji atau umrah bersama keluarga di tahun depan atau dua tahun lagi.

Terdapat ciri dari kebutuhan investasi jangka pendek yaitu :

1. Membutuhkan uang yang lebih besar dari penghasilan anda selama bekerja ini.

2. Dana yang anda miliki masih cukup terjangkau selama direncanakan dengan baik dalam kurun waktu yang anda tentukan.

Untuk kepentingan ini, investasi menjadi pilihan yang tepat karena relative stabil, tidak terlalu banyak mengalami fluktuasi. Walaupun terkadang pertumbuhannya agam melambat. Namun tergantung jenis reksadan yang cocok dengan anda sesuai dengan keperluan anda baik itu jenis pasar uang, atau pun pendapatan tetap.

Sementara tujuan untuk jangka panjang lebih kedalam tujuan yang memiliki waktu lebih dari lima tahun. Yang termasuk dalam kebutuhan ini termasuk misalnya anda ingin mempersiapkan dana untuk pensiun anda. Atau anda ingin mempersiapkan untuk pendidikan anak padahal dalam konteks ini anda belum menikah sama sekali. Kebutuhan investasi jangka panjang menuntut kedisiplinan dan keberanian dalam membiarkan dan tidak menyentuh investasi anda sampai benar-benar tiba waktunya untuk dipanen.

Selain hal investasi jangka panjang dan investasi jangka panjang, investasi jangka panjang memerlukan penambahan periodic agar selalu bertumbuh dari waktu kewaktu tentunya. Jangan sampai anda tergoda untuk menarik investasi hanya karena iming-iming keluarnya mobil model terbaru yang lebih canggih. Anda juga diwajibkan untuk melihat turunnya pasar sebagai sesuatu yang diperbolehkan. Hal ini adalah lumrah bagi anda yang cemas atau khawatir dengan dana anda, namun seiring jalannya waktu investasi anda akan kembali lagi. Maka dari itu author memilihkan bagi anda yang cocok untuk melakukan reksadana saham dan reksadana campuran.

Beberapa orang memiliki planning dalam pemilihan misalnya saja investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek investasi dana anda akan dialokasikan dalam investasi rendah, ridak fluktuatif, relative, aman walaupun pertumbuhan tidak secara signifikan. Sementara untuk jangka panjang sebagian dana yang bisa dialokasikan pada instrument yang lebih beresiko namun memiliki potensi pertumbuhan yang bagus. Jadi kebalikan dari jangka pendek semakin lama anda berinvestasi semakin baik pula pendapatan yang akan dapatkan. Berapa persen kombinasi ini harus disusun secara baik tergantung bagaimana anda menginginkan dan preferensi anda sendiri.

bareksa.me

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done