Melihat risiko anda dalam permainan reksadana - Trend
News Update
Loading...

Kamis, 10 Oktober 2019

Melihat risiko anda dalam permainan reksadana

Melihat risiko anda dalam permainan reksadana


Setelah membahas tentang tujuan dari investasi pada artikel sebelumnya, anda juga perlu melihat bagaimana hubungan anda dengan uang dalam konteks ini, reksadana anda dalam risiko. Ada orang yang bisa hidup dengan tenang dengan investasi reksadananya selalu naik dan turun. Mereka memiliki kesabaran yang tinggi serta stamina psikologis yang bagus. Mereka juga selalu tenang dan terkendali jika suatu saat investasinya berada di titik tertinggi maupun di titik terendahnya.

bareksa.me

Di sudut pandang lain, ada pula sebagian orang yang cenderung tidak bisa menikmati naik turunnya pasar atau pasar uang. Mereka selalu berusaha memastikan bahwa investasi mereka benar-benar aman dan stabil. Mereka bahkan tidak akan pernah bisa tidur dengan nyenyak jika menghadapi fluktuasi pasar yang sangat bergejolak.

Nah, anda termsuk tipe investor yang mana? Author mendefinisikan analisis ini mutlak dilakukan sebelum anda melakukan investasi reksadana. Apabila anda tipikal orang yang mampu melewati naik dan turunnya nilai investasi anda secara drastic, anda bisa berinvestasi pada instrument yang memiliki risiko tinggi seperti halnya reksadana saham. Sebaliknya, jika anda cenderung mengharapkan pertumbuhan yang konstan namun tidak bergejolak, anda bisa memilih reksadana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Karena sesuai dengan profil risiko anda.

Namun bila dimana anda kurang percaya dengan profil risiko cara terbaik adalah melakukan investasi dengan pendekatan yang berbeda. Anda bisa membagi misalkan satu pertiga dari investasi anda ke reksadana yang dinilai menurut anda aman, sementara dua pertiga sisanya di alokasikan pada reksadana saham atau campuran. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman serta pengetahuan anda tentang investasi di reksadana, anda bisa melakukan penyesuaian terhadap alokasi tersebut. Lambat laun pada ketika tingkat tertinggi anda akan memiliki insting yang bagus dan tahu strategi apa yang komposisinya tepat untuk anda dengan sendirinya.

Adapun disini saya memberikan tips 13 cara mudah menghemat uang untuk melakukan investasi

1. Sedapat mungkin memasak dirumah atau dikostan jangan sampai membeli makanan dari luar.

2. Daripada beli kopi di café lebih baik membuat kopi sendiri dengan modal lima ratus perak anda sudah bisa ngopi.

3. Bawa bekal kekantor atau kekampus hal ini bisa menjadi penghematan yang luar biasa

4. Buat daftar belanjaan sebelum anda melakukan perbelanjaan

5. Bila waktu memungkinkan beli barang terdapat di point empat dipusat grosir karena lebih murah

6. Jangan memaksakan diri membeli barang bermerk misalnya sepatu bermerk cari saja yang dibawah itu kualitasnya misalnya terdapat banyak produk sepatu dari dalam negeri.

7. Perhatikan fee ketika anda sedang melakukan transaksi di ATM karena hal ini lumayan perlu diperhitungkan dalam transfer antar bank

8. Bayar cicilan tepat waktu agar terbebas dari namanya denda

9. Bandingkan harga sebelum anda membelinya, jadi anda sudah melihat sebelumnya bisa lewat google atau toko online lainnya.

10. Belilah sesuatu yang memang anda butuhkan, jangan sampai anda membeli barang yang mungkin belum berguna.

11. Rawat kendaraan dengan baik seperti service motor, ganti oli. Lebih baik merawat dari pada beli baru.

12. Matikan pralatan elektronik dirumah anda jika tidak digunakan misalnya tv, ac agar menghemat pembayaran listrik.

13. Hindari teman yang selalu mengajak anda untuk pergi keluar dan ber foya-foya. Karena hal ini sangat merugikan diri anda sendiri. Apalagi jika anda orang nya pelupa.

bareksa.me

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done